Rechercher dans ce blog

Senin, 27 April 2020

Hari Ini PSBB DIterapkan, Ini yang Dilarang dan Diperbolehkan - Jawa Pos

GRESIK - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Gresik berlaku hari ini (28/4) hingga 11 Mei 2020. PSBB yang diterapkan dilakukan sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19). 

Pemberlakuan PSBB di Gresik ditujukan untuk memutus mata rantai persebaran Covid 19. Sebelum dilakukan PSBB, Pemkab Gresik telah gencar melakukan sosialisasi mulai dari tanggal 25 April hingga 27 April 2020.

Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Pemkab Gresik, M. Nadlif mengatakan, pelaksanaan PSBB sesuai dengan peraturan Bupati (Perbub) Gresik No 12 tahun 2020. Perbub itu sudah disesuaikan dengan Peraturan Gubernur (Pergub) No 18 tahun 2020 tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Penanganan Covid 19 di daerah Surabaya, Gresik dan Sidoarjo.

SEMBAKO: Petugas BPBD dan relawan sedang memindahkan batuan dari truk ke kantor BPBD Gresik untuk di distribusikan ke dapur umum di beberapa titik yan

SEMBAKO: Petugas BPBD dan relawan sedang memindahkan batuan dari truk ke kantor BPBD Gresik untuk di distribusikan ke dapur umum di beberapa titik yang terdampak di wilayah Gresik. (YUDHI DWI ANGGORO/RADAR GRESIK)

“Kami berharap semua pihak bisa mendukung PSBB yang akan diterapkan 28 April untuk memutus mata rantai Covid 19 di Gresik,” kata Nadlif saat ditemui di Sekretariat Satgas Covid 19 Komplek Kantor Bupati Gresik. 

Dipaparkan, ada beberapa hal yang dilarang selama PSBB diantaranya kegiatan perkumpulan, aktivitas keagamaan di masjid, olahraga, hiburan, budaya serta pertemuan politik. Sementara untuk pemakaman atau takziah diperbolehkan dengan syarat bukan kematian akibat Covid 19. 

“Boleh melayat asalkan bukan kematian akibat Corona. Namun tetap memperhatikan social distancing dan protokoler kesehatan yang berlaku,” tuturnya.

Adapun kegiatan yang dapat dilaksanakan selama PSBB di antaranya pelayanan kesehatan, kantor instansi pemerintah, industri perbankan, tempat perniagaan seperti toko sembako, minimarket, depo air minum warung kopi dan restoran.

“Warkop dan restoran tetap boleh buka asalkan hanya melayani take away, tidak memberikan layanan wifi serta tidak menyediakan bangku,” tandasnya.

Nadlif juga menegaskan, selama PSBB berlangsung tidak ada perusahaan atau industri yang ditutup. Kendati demikian pemerintah hanya melakukan pembatasan kerja dengan karyawan yang masuk hanya boleh 50 persen dari jumlah normal.

“Yang kami larang adalah siswa magang atau dalam rangka praktik. Namun untuk industrinya tetap boleh beroperasi dengan tetap mengedepankan protokoler kesehatan,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto melalui Kabag Humas Pemkab Gresik, AM Reza Pahlevi meminta agar semua masyarakat bisa taat dan patuh terhadap aturan yang telah tertulis dalam Perbub PSBB.

“Kami akan menggelar apel siaga gabungan dalam rangka implementasi PSBB. Apel ini sekaligus sebagai bentuk kesiapan pemerintah dalam menjalankan aturan yang sudah dibuat dan disepakati bersama,” pungkasnya. 

Sementara itu, Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo mengaku akan menerjunkan 1.200 personel yang terdiri dari 5.00 personel dari Polres Gresik,  280 personel dari unsur TNI Kodim 0817, 280 personel Satpol PP, dan 140 personel dari BKO Polda Jatim.

Total ada 1.200 personel yang diterjunkan. 1.200 personel tersebut ditempatkan di 8 kecamatan yang masuk wilayah PSBB, atau 48 titik cek poin. "Kami siapkan semua personel tersebut di sejumlah titik cek poin yang telah ditentukan. Termasuk diantaranya, di area pintu keluar masuk perbatasan Gresik," katanya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gresik, Tarso Sagito mengatakan bantuan logistik tersebut selanjutnya dibagikan ke sejumlah dapur umum yang ada di berbagai kecamatan.

"Bantuan itu berupa beras, telor dan mie instan. Sudah tiba dua truk, satu truk berisi 1 ton beras dan satu truk kontainer berisi 1 ton telor ayam dan 500 mie instan serta 1 ton daging ayam beku," jelasnya.

Bantuan tersebut hanya diperuntukkan bagi dapur umum. Sehingga stok logistik di dapur umum habis selama pandemi Covid-19 berlangsung, maka petugas bisa mengambil stok di kantor BPBD. (fir/yud/han)

Let's block ads! (Why?)



"Yang" - Google Berita
April 28, 2020 at 05:00AM
https://ift.tt/3bKPCWx

Hari Ini PSBB DIterapkan, Ini yang Dilarang dan Diperbolehkan - Jawa Pos
"Yang" - Google Berita
https://ift.tt/2pYhsfy
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Search

Entri yang Diunggulkan

Miami cruise passengers arrested after more than 100 bags of marijuana found in luggage - WPLG Local 10

MIAMI-DADE COUNTY, Fla. – Federal agents say they busted a pair of travelers, who tried to take a cruise out of PortMiami with very illega...

Postingan Populer