Rechercher dans ce blog

Minggu, 26 April 2020

Apa Saja Ibadah yang Diprioritaskan Selama Ramadan? - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Selama bulan Ramadan 2020,CNNIndonesia.com menghadirkan tanya jawab seputar Islam. Kali ini, tanya jawab berbicara soal apa saja ibadah-ibadah yang diprioritaskan selama bulan puasa.

Tanya
Apa saja ibadah-ibadah yang diprioritaskan dilakukan selama bulan Ramadan?

Jawab
Narasumber: Wakil Ketua Lembaga Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPT NU), Dr. Phil. Syafiq Hasyim, MA


Assalamualaikum Wr. Wb.

Bulan puasa adalah bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT. Bulan puasa adalah bulan di mana kita-sebagai umat Muslim-bisa meningkatkan keimanan dengan lebih banyak beribadah. Lalu, apa saja kah ibadah-ibadah yang dianjurkan diprioritaskan selama bulan puasa?

Pertama adalah menjalankan ibadah puasa itu sendiri. Pasalnya, puasa adalah ibadah yang paling utama dan merupakan ibadah wajib bagi kita. Tak ada gunanya apabila kita rajin beribadah yang lain, namun puasanya bolong. Ibadah-ibadah yang lain sama sekali tidak berguna.

Selama bulan puasa juga kita dianjurkan untuk meningkatkan rasa solidaritas kepada yang lain dengan bersedekah. Sedekah itu ada yang wajib dan ada yang sunah.

Sedekah yang wajib adalah zakat, baik fitrah maupun mal. Sementara yang sunah adalah pemberian di luar itu semua. Dalam bulan puasa ini, kita juga diminta untuk meningkatkan sedekah yang bersifat sunah.

Kita juga diminta untuk meningkatkan pengenalan kita terhadap bacaan Alquran. Dengan demikian, tilawah Quran menjadi ibadah yang sangat dianjurkan dijalankan selama bukan Ramadan.

Mari kita isi sebagian dari hari kita untuk membaca Alquran. Kita bisa membaca di rumah dan di mana saja yang memungkinkan kita membacanya dalam keadaan bersih.

Selain itu, kita juga diminta menjalankan salat sunah, termasuk salat Tarawih. Termasuk juga salat sunah di malam hari seperti Tahajud. Kita juga dianjurkan untuk melakukan iktikaf di masjid.

Tapi, yang paling penting bagi kita semua adalah kita bekerja seperti biasa. Bekerja adalah ibadah. Dengan bekerja, puasa kita tak hanya menghasilkan pahala, tapi juga hal-hal lainnya. Puasa menjadi lebih produktif karena kita meniatkan kerja kita selama bulan puasa sebagai ibadah.

[Gambas:Video CNN]

(asr/asr)

Let's block ads! (Why?)



"Yang" - Google Berita
April 27, 2020 at 04:00AM
https://ift.tt/2S9MLia

Apa Saja Ibadah yang Diprioritaskan Selama Ramadan? - CNN Indonesia
"Yang" - Google Berita
https://ift.tt/2pYhsfy
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

1 komentar:

  1. Permisi Ya Admin Numpang Promo | www.fanspoker.com | Agen Poker Online Di Indonesia |Player vs Player NO ROBOT!!! |
    Kesempatan Menang Lebih Besar,
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802

    BalasHapus

Search

Entri yang Diunggulkan

Miami cruise passengers arrested after more than 100 bags of marijuana found in luggage - WPLG Local 10

MIAMI-DADE COUNTY, Fla. – Federal agents say they busted a pair of travelers, who tried to take a cruise out of PortMiami with very illega...

Postingan Populer