Rechercher dans ce blog

Jumat, 06 Maret 2020

Peserta Umrah yang Diisolasi di Sumsel Negatif Corona - CNN Indonesia

Palembang, CNN Indonesia -- Satu orang peserta umrah asal Prabumulih, Sumatera Selatan yang diisolasi di ruang khusus RSU Dr Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang sepulang umrah dinyatakan negatif virus corona covid-19.

Negatifnya virus corona itu diungkapkan Gubernur Sumsel Herman Deru, Kamis (5/3).

"Dari laporan yang saya terima, yang turun umrah tersebut negatif [corona]," ujar Herman.


Lebih lanjut dia mengimbau masyarakat untuk tidak bereaksi berlebihan dalam menyikapi isu penyebaran virus corona. Apalagi sampai membeli masker melebihi kebutuhan. Herman mengklaim hingga saat ini Sumsel masih aman dari virus corona.

"Masyarakat harus tenang menyikapinya, jangan pernah terprovokasi," ujar dia.

Selain itu, seorang peserta umrah lainnya juga harus menjalani perawatan di ruang isolasi RSMH Palembang karena mengalami batuk dan pilek, usai menjalani ibadah umrah di tanah suci.

[Gambas:Video CNN]
Kepala Bagian Humas RSMH Palembang Ahmad Suhaimi mengatakan peserta umrah itu dirujuk dari RS Hermina Palembang pada Rabu (4/3). Diketahui dia baru pulang umrah dan menunjukkan gejala batuk dan sesak napas.

Karena tak kunjung pulih, yang bersangkutan akhirnya dirujuk ke RSMH dan menjalani perawatan di ruang isolasi.

"Sesuai prosedur maka yang bersangkutan langsung ditempatkan di ruang isolasi untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Kita belum bisa pastikan apakah ada dugaan suspect MERS maupun Covid-19," kata Suhaimi.

Sebelumnya diberitakan seorang peserta umrah asal Prabumulih dievakuasi ke ruang isolasi khusus RSMH Palembang setibanya di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Selasa (3/3).

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Palembang Nur Purwoko Widodo mengatakan peserta umrah tersebut mengalami sesak napas dan demam tinggi lebih dari 38 derajat saat diperiksa di pintu kedatangan internasional bandara.

Berdasarkan analisa awal, dia terindikasi suspect MERS, mengingat Arab Saudi belum termasuk sebagai endemik virus corona.

Suspect di Padang negatif corona

Sementara itu, setelah diisolasi delapan hari, pasien suspect Covid-19 dipulangkan dari RSUP M Djamil, Padang pada Kamis (5/3). Perempuan berusia 20 tahun itu dibolehkan pulang setelah dinyatakan bebas Covid-19 berdasarkan hasil uji laboratorium Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan.

Pejabat Pemberi Informasi dan Dokumentasi RSUP M Djamil, Gustavianof mengatakan hasil pemeriksaan swab hidung dan tenggorokan pasien tersebut hanya demam biasa. Tim dokter RSUP M Djamil ketika menangani yang bersangkutan di ruangan isolasi juga menyatakan hal yang sama.

Mulanya, pasien tersebut diduga terinfeksi Covid-19 setelah pulang dari Thailand lebih dari sepekan yang lalu. Sepulang dari sana, ia batuk, sesak nafas, dan nyeri dada. Ia lalu memeriksakan diri ke salah satu rumah sakit umum daerah di salah satu satu daerah di provinsi itu. Pihak rumah sakit kemudian merujuk yang bersangkutan ke RSUP M Djamil untuk kemudian diambil tindakan isolasi.

"Ketika dipulangkan Kamis sore kondisinya sudah normal. Sesak napas yang dikeluhkannya sebelumnya sudah berkurang," ucap Gustavianof. Gustavianof menyatakan bahwa pihaknya tidak akan memantau pasien tersebut lagi karena sudah dinyatakan negatif Covid-19. (idz/adb/osc)

Let's block ads! (Why?)



"Yang" - Google Berita
March 07, 2020 at 01:51AM
https://ift.tt/3azNRKR

Peserta Umrah yang Diisolasi di Sumsel Negatif Corona - CNN Indonesia
"Yang" - Google Berita
https://ift.tt/2pYhsfy
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Search

Entri yang Diunggulkan

Miami cruise passengers arrested after more than 100 bags of marijuana found in luggage - WPLG Local 10

MIAMI-DADE COUNTY, Fla. – Federal agents say they busted a pair of travelers, who tried to take a cruise out of PortMiami with very illega...

Postingan Populer