Rechercher dans ce blog

Jumat, 03 April 2020

Sasak Ku, Busana Multifungsi yang Padukan Pesona Lombok Timur - Jawa Pos

SURABAYA - Kain tenun dari desa Pringgasela Lombok Timur, merupakan salah satu wastra Nusantara yang memiliki nilai keunikan tersendiri. Diajarkan turun temurun dan menggunakan bahan dari alam, membuat tenun Pringgasela nampak berbeda. Cantik dengan pewarnaan alam dan motif garis yang alami.

Inilah alasan utama desainer Yeni Ries menyukai tenun Pringgasela. Selain itu, kain tenun ini belum banyak diketahui masyarakat Indonesia, oleh karena itu, melalui tangan terampilnya, Yeni berharap, kain tenun ini akan lebih dikenal dan diminati pecinta kain etnik Indonesia.

"Apalagi para penenun juga menggunakan warna-warna alam yang indah. Seperti hijau, biru, pink, oranye, cokelat, pokoknya semua warna yang ada di alam," terangnya di Surabaya, kemarin.

Dalam koleksi busana bertajuk Sasak Ku ini, Yeni mendesain sembilan busana dengan konsep urban sytle yang dibuat untuk para pekerja perempuan. Tujuannya agar para perempuan yang bekerja bisa tampil modis dan etnik dengan pakaian bermotif tenun yang cantik. "Jadi memang supaya bisa digunakan di segala suasana. Kasual, semi formal dan formal," katanya.

Yeni juga memadupadankan kain tenun tersebut dengan beragam material lain, seperti kain sutra santung, mikado, duchess, lace, brokat, dan santili menjadi blazer, jaket bomber, rok tutu, celana palazo dan celana joger.

Seluruh rancangan busana Yeni nampak elegan, hal ini diperkuat dengan statement pola vertikal dalam corak kain tenun. "Ciri yang paling khas dari tenun ini terdapat pada pola vertikal di coraknya. Karena itu, busana yang menggunakan tenun ini bisa digunakan kapan saja," ujarnya.

Selain itu, Yeni juga menggunakan mutiara. Pasalnya, selain tenun, Lombok juga kaya akan hasil mutiara. "Ini menarik buat saya," akunya. Karena itu, Yeni juga membuat busana khusus mutiara untuk busana pesta. Dress ini juga bisa untuk pengantin. (cin/nur)

Let's block ads! (Why?)



"Yang" - Google Berita
April 04, 2020 at 04:22AM
https://ift.tt/2w8C9Iu

Sasak Ku, Busana Multifungsi yang Padukan Pesona Lombok Timur - Jawa Pos
"Yang" - Google Berita
https://ift.tt/2pYhsfy
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Search

Entri yang Diunggulkan

Miami cruise passengers arrested after more than 100 bags of marijuana found in luggage - WPLG Local 10

MIAMI-DADE COUNTY, Fla. – Federal agents say they busted a pair of travelers, who tried to take a cruise out of PortMiami with very illega...

Postingan Populer