Rechercher dans ce blog

Rabu, 01 April 2020

NTT dan Gorontalo, Dua Daerah yang Masih Terbebas Corona - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Indonesia mengumumkan 1.528 kasus positif virus corona (Covid-19) di berbagai daerah hingga Selasa (31/3). Hanya ada dua daerah yang dinyatakan masih terbebas dari kasus positif corona, yakni Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Gorontalo.

Berdasarkan data sebaran kasus yang diberikan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), kasus positif ditemukan di 32 provinsi dengan jumlah terbanyak berada di DKI Jakarta. Sementara Gorontalo dan NTT 0 alias belum ada.

Pasien dalam pengawasan (PDP) juga tidak ada di dua provinsi tersebut. Hanya ada orang dalam pemantauan (ODP) yang belum mengalami gejala klinis mirip virus corona.


Nusa Tenggara Timur

Meski demikian, mengutip sejumlah pemberitaan media, terdapat 558 Orang dalam Pemantauan (ODP) corona di NTT, dengan Kota Kupang yang terbanyak.

Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore bersama Wakilnya Hermanus Man sendiri telah menjalani rapid test atau uji cepat virus corona pada Sabtu (28/3). Hasilnya, mereka dinyatakan negatif Covid-19.

Uji cepat terhadap Pemimpin Kota Kupang itu dilakukan lantaran keduanya sempat bepergian ke luar daerah yang terjangkit virus corona.

Wali Kota Kupang Jefrison Riwu Kore bersama sejumlah kader Partai Demokrat NTT sempat mengikuti Kongres Partai Demokrat di Jakarta, Minggu (15/3), yang saat itu telah masuk ke dalam kategori zona merah dengan kasus Covid-19.

Walau belum ada kasus positif, Pemprov NTT melakukan sejumlah hal terkait pencegahan corona. Pemprov NTT mengambil kebijakan perpanjangan masa bekerja dari rumah atau work from home sampai dengan 21 April 2020 mendatang kepada aparatur sipil negara (ASN) dan pelajar.

Kapolda Nusa Tenggara Timur Irjen (Pol) Hamidin menegaskan bahwa jajarannya akan bertindak tegas terhadap warga yang terlibat dalam keramaian baik siang mau pun malam hari.

Provinsi NTT lebih direpotkan oleh wabah DBD ketimbang virus corona Provinsi NTT lebih direpotkan oleh wabah DBD ketimbang virus corona(Antara Foto/Kornelis Kaha)
Dilansir dari Antara, langkah tersebut guna mendukung kebijakan social dan physical distancing yang diimbau Pemerintah Pusat dalam rangka menekan angka penyebaran virus.

"Kami terus memberikan imbauan kepada warga agar masyarakat NTT memahami tentang bahaya virus corona ini," tegas Hamidin.

NTT sendiri saat ini tengah berperang melawan demam berdarah. Kepala Biro Humas dan Protokol Setda NTT Marius Ardu Jelamu mengatakan jumlah penderita DBD di wilayahnya menyentuh angka 4.034 jiwa. Sejak awal Januari - Maret 2020, sudah 47 orang yang meninggal dunia.

[Gambas:Video CNN]

Gorontalo

Berdasarkan data pemerintah pusat, ada kasus positif corona di wilayah Gorontalo. Akan tetapi, tercatat ada 101 orang masuk ke dalam daftar ODP per Minggu lalu (29/3).

Sejumlah langkah diambil Pemprov Gorontalo guna mengantisipasi penyebaran virus corona. Misalnya menghentikan sementara kunjungan warga negara asing (WNA) dan Tenaga Kerja Asing (TKA).

Keputusan itu tertuang dalam Surat Edaran Gubernur Gorontalo nomor 560/Dispar/392/III/2020 tentang Penundaan Kedatangan WNA dan TKI ke Wilayah Provinsi Gorontalo

"Menunda Kedatangan Warga Negara Asing (WNA) dan Tenaga Kerja Asing (TKA) untuk masuk di wilayah kabupaten/ kota di Provinsi Gorontalo baik melalui akses/ pintu masuk darat, laut dan udara," demikian bunyi poin kesatu surat edaran tersebut sebagaimana dikutip dari situs resmi Pemprov Gorontalo.

Selain mengatur kedatangan WNA dan TKA, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie juga meminta kepada biro perjalanan untuk menunda penjualan paket perjalanan wisata domestik dan luar negeri.

Kebijakan ini mulai berlaku 31 Maret 2020 hingga batas waktu yang akan ditentukan kemudian hari jika situasi sudah kondusif.

Selain itu, Tim gabungan yang terdiri dari Polda Gorontalo, TNI dan Pemerintah Daerah pun melakukan penyemprotan disinfektan secara massal di jalan protokol dan fasilitas umum di tiga wilayah di Provinsi Gorontalo.

(ryn/bmw)

Let's block ads! (Why?)



"Yang" - Google Berita
April 01, 2020 at 04:13PM
https://ift.tt/2UxtXeb

NTT dan Gorontalo, Dua Daerah yang Masih Terbebas Corona - CNN Indonesia
"Yang" - Google Berita
https://ift.tt/2pYhsfy
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Search

Entri yang Diunggulkan

Miami cruise passengers arrested after more than 100 bags of marijuana found in luggage - WPLG Local 10

MIAMI-DADE COUNTY, Fla. – Federal agents say they busted a pair of travelers, who tried to take a cruise out of PortMiami with very illega...

Postingan Populer