Rechercher dans ce blog

Kamis, 02 April 2020

Mensos Kaji Bansos Khusus Warga DKI yang Tidak Mudik - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah akan memberikan bantuan sosial (bansos) khusus bagi warga DKI Jakarta yang tak pulang ke kampung halaman alias mudik pada lebaran tahun ini. Kebijakan ini diharapkan bisa menekan mobilisasi masyarakat demi mengurangi risiko penularan virus corona di dalam negeri.

Menteri Sosial Juliari P Batubara mengatakan pihaknya sedang melakukan koordinasi terkait skema bantuan sosial tersebut dengan kementerian lainnya, seperti Kementerian Koordinator Bidang Peerekonomian, Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman.

"Kami kaji agar ada program khusus bagi daerah-daerah, seperti DKI Jakarta yang intinya untuk mengurangi lonjakan arus pemudik dari DKI ke daerah lain," ujar Juliari dalam video confrence, Kamis (2/4).


Ia mengaku mendapatkan arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menyelesaikan kajian ini dalam waktu dua hari ke depan. Dengan demikian, bansos bisa segera dikucurkan dan tak ada warga ibu kota yang mudik. "Untuk besaran dan mekanismenya kami masih koordinasikan dengan yang lain agar dipastikan tidak tumpang tindih dan sesuai dengan data yang ada," terang dia.
Juliari mengakui program bansos khusus untuk warga DKI Jakarta yang urung mudik tidak serta merta membuat jumlah pemudik berkurang drastis.

Namun, ia berharap masyarakat mengikuti imbauan pemerintah untuk tetap diam di rumah demi meminimalisir penyebaran virus corona.

"Ini memang tidak mudah dan tidak menjamin 100 persen. Belum ketemu mekanismenya, tapi akan kami buat agar penerima bansos ini benar-benar untuk mereka yang tidak mudik," jelas Juliari.

Sebelumnya, Jokowi menyatakan belasan ribu orang telah memutuskan mudik lebih awal dari biasanya lantaran penghasilannya menurun drastis beberapa waktu terakhir. Hal ini terjadi di tengah penyebaran virus corona yang semakin meluas di Indonesia.

Jokowi mengungkapkan mayoritas penghasilan pekerja informal di Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek) menurun drastis atau bahkan minus.

Situasi ini terjadi karena ada kebijakan tanggap darurat virus corona, sehingga sejumlah perusahaan diimbau bekerja dari rumah (work from home) dan lembaga pendidikan menerapkan sekolah dari rumah (school from home).

"Saya lihat arus mudik dipercepat bukan karena faktor budaya tapi terpaksa, banyak pekerja informal di Jabodetabek terpaksa pulang kampung karena penghasilannya menurun," ucap Jokowi.

Untuk itu, Jokowi memerintahkan seluruh jajarannya untuk mempercepat implementasi insentif untuk pekerja di sektor informal. Insentif itu berupa instrumen bantuan sosial, seperti kartu prakerja atau kartu sembako.

[Gambas:Video CNN]

(aud/bir)

Let's block ads! (Why?)



"Yang" - Google Berita
April 02, 2020 at 01:25PM
https://ift.tt/3aDdRpd

Mensos Kaji Bansos Khusus Warga DKI yang Tidak Mudik - CNN Indonesia
"Yang" - Google Berita
https://ift.tt/2pYhsfy
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Search

Entri yang Diunggulkan

Miami cruise passengers arrested after more than 100 bags of marijuana found in luggage - WPLG Local 10

MIAMI-DADE COUNTY, Fla. – Federal agents say they busted a pair of travelers, who tried to take a cruise out of PortMiami with very illega...

Postingan Populer