Rechercher dans ce blog

Selasa, 28 April 2020

Ahn Jung-Hwan, Pahlawan Korsel yang Dibenci Italia - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Ahn Jung-Hwan bersama timnas Korea Selatan pernah membuat heboh dunia sepak di Piala Dunia 2002. Hal itu terjadi saat Ahn membobol gawang Italia di fase gugur.

Tahun 2020, Ahn memulai petualangannya di Italia bersama Perugia. Klub yang tampil di Serie A itu meminjam salah satu bintang masa depan timnas Korsel dari klub Busan Daewoo Royals.

Ketika itu, Ahn jadi pemain pertama asal Negeri Ginseng yang merasakan kerasnya persaingan Serie A.

Karier Ahn berjalan cukup baik bersama tim yang bermarkas di Stadion Renato Curi. Meski tak langsung jadi idola fan seperti bintang timnas Jepang, Hidetoshi Nakata, kehadiran Ahn pada akhirnya cukup diterima suporter tim berjuluk Grifone tersebut.
South Korean midfielder Ahn Jung-hwan (2nd L) heads the ball past Italian defender Paolo Maldini (L-#3) for a 'golden goal' in their second round match at the 2002 FIFA World Cup Korea/Japan in Daejeon, 18 June 2002. South Korea won the match 2-1 in extra time on Ahn's goal and will meet Spain in the quarter-finals 22 June in Gwangju. AFP PHOTO/Jacques DEMARTHON (Photo by JACQUES DEMARTHON / AFP)Gol sundulan Ahn Jung-Hwan yang membuat timnas Italia tersingkir dari Piala Dunia 2002. (AFP/JACQUES DEMARTHON)
Di musim pertama, Ahn mencetak empat gol dari 15 laga. Namun, performanya menurun di musim kedua karena dari jumlah pertandingan yang sama hanya bisa mencetak satu gol.

Beruntung penurunan performa itu tidak membuat Presiden Perugia, Luciano Gaucci, enggan memberinya kontrak permanen. Beberapa bulan jelang Piala Dunia 2022, Ahn mendapat ganjaran kerja kerasnya di Perugia lewat kontrak permanen dengan transfer 1,2 juta poundsterling.

Ahn pun bisa membela Korsel dengan lebih tenang karena nasibnya musim depan sudah jelas. Pemilik 71 caps dan 17 gol itu juga tampil luar biasa bersama Korsel yang berstatus salah satu tuan rumah gelaran ini bersama Jepang.

Di bawah asuhan pelatih berpengalaman Guus Hiddink, timnas Korsel mengejutkan banyak pihak. Taeguk Warriors melangkah hingga fase gugur hingga akhirnya bertemu Italia di babak perdelapan final.

Laga melawan Gli Azurri jadi awal dari kontroversi yang melibatkan Ahn dan Perugia. Ahn diturunkan Hiddink sebagai pemain inti di laga tersebut.

Insert Artikel Tempat Usaha yang Tidak Diliburkan Saat PSBB
Ahn sebenarnya memulai laga ini dengan buruk karena menaklukkan kiper Gianluigi Buffon dari tendangan 12 pas pada menit kelima pertandingan. Tiga belas menit berselang, Italia bahkan unggul melalui gol Christian Vieri.

Korsel yang tampil di hadapan publik sendiri bisa menyamakan skor berkat gol Seol Ki-Hyeon pada menit ke-88 dan pertandingan berlanjut ke masa perpanjangan waktu. Di masa perpanjangan waktu, Ahn mencetak gol mencetak gol penentu kemenangan melalui sundulan sekaligus membuat Italia masuk kotak.

Gol itu disambut sukacita oleh Ahn dan seluruh masyarakat Korea. Ahn menjadi pahlawan mereka meski langkah Korsel dihentikan oleh Jerman di semifinal Piala Dunia 2002.

GIF Banner Promo Testimoni
Apresiasi yang luar biasa dari publik Korsel berbanding terbalik dengan apa yang terjadi di Italia. Gaucci geram pada Ahn karena gol yang dicetaknya menghentikan langkah Italia, sang juara dunia tiga kali.

"Pemain itu takkan pernah menginjakkan kakinya di Perugia lagi. Dia hanya fenomenal ketika melawan Italia dan saya ini seorang nasionalis," kata Gaucci kepada Gazetta dello Sport.

"Saya mengambil keputusan ini bukan hanya karena dia melukai kebanggaan Italia. Dia juga menunjukkan sikap tak hormat kepada negara yang membukakan pintu untuknya dua tahun lalu. Saya tak berniat menggaji orang yang merusak sepak bola Italia."

Pernyataan Gaucci ini kemudian jadi kontroversi karena orang nomor satu Perugia itu dianggap kekanak-kanakan. Gaucci juga sempat menarik kembali ucapannya dan menyetujui opsi pembelian Ahn.

Namun, Ahn menolak tawaran kontrak tiga tahun yang diberikan Perugia karena sudah terlanjur sakit hati. "Saya tidak akan lagi membahas transfer saya ke Perugia yang menyerang karakter saya ketimbang memberi selamat untuk gol saya di Piala Dunia," ucapnya.

[Gambas:Video CNN]

(jal)

Let's block ads! (Why?)



"Yang" - Google Berita
April 29, 2020 at 08:36AM
https://ift.tt/2SjusqP

Ahn Jung-Hwan, Pahlawan Korsel yang Dibenci Italia - CNN Indonesia
"Yang" - Google Berita
https://ift.tt/2pYhsfy
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Search

Entri yang Diunggulkan

Miami cruise passengers arrested after more than 100 bags of marijuana found in luggage - WPLG Local 10

MIAMI-DADE COUNTY, Fla. – Federal agents say they busted a pair of travelers, who tried to take a cruise out of PortMiami with very illega...

Postingan Populer