Rechercher dans ce blog

Kamis, 05 Maret 2020

Saat Dunia Diserang Corona, Saham Apa Saja yang Menarik? - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Sudah 2 hari IHSG menguat signifikan, meskipun pada perdagangan Kamis (5/3) indeks bursa saham Tanah Air itu ditutup melemah 0,21% ke level 5.638,13.

Sejak kasus infeksi virus corona (COVID-19) melonjak drastis dan meluas keluar China, bursa saham global dilanda kepanikan. Sudah lebih dari sebulan virus corona menjangkiti dunia terhitung sejak 20 Januari lalu.

Kini virus telah menyerang lebih dari 95.000 orang di lebih dari 60 negara dan menelan hampir 3.300 jiwa. Kini jumlah kasus infeksi baru di China sudah menurun dan letupan kasus terjadi di Korea Selatan (6.088 kasus 35 orang meninggal), Italia (3.089 kasus, 107 orang meninggal) dan Iran (2.922 kasus, 92 orang meninggal).


PAGI-Saat Dunia diserang Corona, Saham Apa Saja yang Menarik?Foto: Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto memberikan keterangan pers usai mengunjungi dua warga negara Indonesia (WNI) yang positif virus corona (Covid-19) di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso, Jakarta Utara, Senin (2/3/2020). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Ketiga negara tersebut sekarang menjadi episentrum penyebaran virus corona. Indonesia yang sempat dikira 'kebal' karena tak tertembus serangan virus ganas ini, kini sudah ada dua orang yang dinyatakan positif terinfeksi patogen ini.

Tekanan yang melanda bursa saham global juga merambat ke pasar saham Tanah Air. Sejak awal tahun, IHSG telah terkoreksi 10,31% (ytd). Memang IHSG sudah anjlok dalam dan saham-saham blue chip (unggulan) juga anjlok jor-joran pada pekan lalu.


Banyak yang bilang ini adalah momen yang tepat untuk 'buy'. Namun ketidakpastian masih ada. Kita masih belum bisa mengetahui dengan pasti seperti apa akhir dari tragedi kemanusiaan pada dekade ini.

Jika masih terus meluas dan dikhawatirkan menjadi pandemi, maka dampak virus corona terhadap ekonomi global semakin mengerikan. China sudah jadi korbannya. Epidemi yang awalnya bersumber dari Wuhan itu telah menyebabkan aktivitas produksi China terhambat.

Alhasil rantai pasok global kembali terhambat. Pasalnya China merupakan pusat manufaktur dunia. Jika skenario terburuk masih mungkin terjadi maka potensi panic selling besar-besaran juga masih akan terjadi. Bursa saham tanah air juga masih berpotensi terkoreksi.

Memanfaatkan momentum koreksi yang sudah dalam untuk terlibat dalam euforia rebound memang tak salah. Namun dengan berlaku tidak gegabah serta wait and see merupakan pilihan terbaik untuk saat ini guna menghindari kerugian besar yang mungkin diderita.

Lantas apa saja yang harus diperhatikan saat ini?

[Gambas:Video CNBC]

Let's block ads! (Why?)



"Yang" - Google Berita
March 06, 2020 at 07:13AM
https://ift.tt/38qUJss

Saat Dunia Diserang Corona, Saham Apa Saja yang Menarik? - CNBC Indonesia
"Yang" - Google Berita
https://ift.tt/2pYhsfy
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Search

Entri yang Diunggulkan

Miami cruise passengers arrested after more than 100 bags of marijuana found in luggage - WPLG Local 10

MIAMI-DADE COUNTY, Fla. – Federal agents say they busted a pair of travelers, who tried to take a cruise out of PortMiami with very illega...

Postingan Populer