Rechercher dans ce blog

Kamis, 05 Maret 2020

Jika Merasakan Gejala Covid-19 karena Virus Corona, Apa yang Harus Dilakukan? - Kompas.com - KOMPAS.com

KOMPAS.com – Dua orang dinyatakan positif terinfeksi virus corona. Konfirmasi temuan kasus positif terinfeksi di Indonesia disampaikan Presiden Joko Widodo pada awal pekan lalu, Senin (2/3/2020).

Dua orang positif terinfeksi virus corona jenis baru itu kini menjalani perawatan intensif di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta.

Sejumlah orang juga berada dalam pemantauan dan pengawasan karena merasakan gejala mirip coronovirus disease 19 atau Covid-19 yang disebabkan infeksi virus corona.

Gejala klinis awal umumnya demam, batuk dan pilek, gangguan pernapasan, letih, dan lesu.

Mereka dengan riwayat baru dari perjalanan ke luar negeri atau melakukan kontak dengan warga asing dari negara yang sudah konfirmasi kasus positif Covid-19, perlu lebih memperhatikan gejala yang dirasakannya.

Apa yang harus dilakukan jika merasakan gejala awal terinfeksi virus corona?

Kepala Bidang Humas Kementerian Kesehatan Busroni mengatakan, jika seseorang merasa memiliki atau merasakan tanda-tanda Covid-19 agar mendatangi fasilitas pelayanan kesehatan terdekat baik klinik, puskesmas, maupun rumah sakit.

Baca juga: Pesan Kim, Pasien Sembuh Corona: Virus Corona Dapat Dikalahkan!

Ia juga menganjurkan agar menceritakan dengan jujur mengenai aktivitas atau kontak yang dilakukan dalam beberapa hari terakhir. 

“Tanda-tanda ditengarai dulu, kemudian ke dokter atau faskes. Cerita apa adanya, apakah rumahnya pernah didatangi seseorang dari negara terjangkit ataukah dia sendiri habis dari negara terjangkit,” ujar Busroni, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (5/3/2020).

Pengungkapan informasi ini dinilai penting agar petugas bisa fokus melakukan penanganan dan tindakan selanjutnya. 

“Dari situ akan ketahuan dia menuju ke arah Covid atau tidak. Nanti petugas akan memastikan dan menentukan langkahnya jika diindaksi ke situ, dia (pasien) akan dirujuk,” ujar Busroni.

Let's block ads! (Why?)



"Yang" - Google Berita
March 05, 2020 at 06:02PM
https://ift.tt/2TqeCf2

Jika Merasakan Gejala Covid-19 karena Virus Corona, Apa yang Harus Dilakukan? - Kompas.com - KOMPAS.com
"Yang" - Google Berita
https://ift.tt/2pYhsfy
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Search

Entri yang Diunggulkan

Miami cruise passengers arrested after more than 100 bags of marijuana found in luggage - WPLG Local 10

MIAMI-DADE COUNTY, Fla. – Federal agents say they busted a pair of travelers, who tried to take a cruise out of PortMiami with very illega...

Postingan Populer