Rechercher dans ce blog

Kamis, 05 Maret 2020

Etika Berkendara yang Bermasalah Dinilai Jadi Salah Satu Sebab Makassar Macet - detikNews

Makassar -

Kepala Bagian Operasi Satlantas Polrestabes Makassar AKP Hartati menyebut etika berkendara yang bermasalah menjadi salah satu sebab Makassar macet. Karakteristik pengguna roda 2 yang tidak sabar masih sulit diubah di Kota Makassar.

"Di Makassar ini memang karakteristiknya yang susah sekali diubah. Kalau saya lihat rekan-rekan pengguna jalan susah sekali, sudah diatur seperti ini, jalannya kendaraan seperti ini, roda 2 di sini, tapi tetap saja (susah diatur)," kata Hartati dalam dialog terkait kemacetan Makassar, Kamis (5/3/2020).

Menurut Hartati, yang paling berpengaruh terhadap kemacetan di Makassar ialah jumlah kendaraan tidak sebanding dengan infrastruktur jalan di Makassar dan etika masyarakat dalam berkendara masih bermasalah.

"Karakteristiknya itu dia tidak punya kesabaran, etika berlalu lintasnya sudah dikesampingkan. Coba kalau misalnya terjadi macet, pokoknya ada sela-sela (mobil) langsung masuk motor," ujarnya.

Padahal, seandainya setiap pengendara sabar dan mengikuti lajur antrean, kemacetan akan bisa dikurangi.

"Yang di pikirannya itu akan cepat, ternyata itu akan menyumbang kepadatan ke belakang. Coba kalau dia ikut aturan antre, maka akan lebih cepat. Karakteristik perilaku pengguna jalan itu yang kurang sabar," tegasnya.

Terkait jumlah kendaraan yang sudah tidak sesuai dengan infrastruktur jalan, Hartati menyebut hal tersebut disebabkan warga sangat mudah memperoleh kendaraan dari dealer, khususnya roda 2.

"Kalau saya lihat ini kenapa masyarakat itu gampang sekali mendapatkan motor dengan (DP) hanya Rp 500.000 sudah bisa mendapatkan cicilan motor. Nah seperti itu DP-nya Rp 500.000 sudah bisa keluar motornya. Jadi itu juga yang menggampangkan kendaraan itu keluar," paparnya.

Akibatnya, jumlah kendaraan terus bertumbuh, sedangkan pertumbuhan infrastruktur jalan tidak begitu signifikan.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Moda Transportasi Dishub Makassar Jasman Launtu menyebut hingga saat ini ada sekitar 2,1 juta unit kendaraan di Kota Makassar. Sebanyak 1,6 juta unit dari jumlah tersebut merupakan kendaraan roda dua.

"Penyebab kemacetan memang persoalannya adalah volume kendaraan dan kapasitas jalan. Dari data Samsat yang kami peroleh itu jumlah kendaraan di Makassar ini kurang-lebih 2,1 juta unit kendaraan dan 1,6 (dari itu) itu adalah sepeda motor. Memang roda 2 lebih banyak di Kota Makassar ini. Bahwa memang mudah untuk mendapatkan kendaraan, tanpa uang muka juga sekarang sudah bisa," jelas Mario.

(nvl/idn)

Let's block ads! (Why?)



"Yang" - Google Berita
March 05, 2020 at 04:52PM
https://ift.tt/2TEbzPp

Etika Berkendara yang Bermasalah Dinilai Jadi Salah Satu Sebab Makassar Macet - detikNews
"Yang" - Google Berita
https://ift.tt/2pYhsfy
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Search

Entri yang Diunggulkan

Miami cruise passengers arrested after more than 100 bags of marijuana found in luggage - WPLG Local 10

MIAMI-DADE COUNTY, Fla. – Federal agents say they busted a pair of travelers, who tried to take a cruise out of PortMiami with very illega...

Postingan Populer