Rechercher dans ce blog

Kamis, 27 Februari 2020

Sederet Masalah yang Bikin Jiwasraya 'Babak Belur' - detikFinance

Jakarta -

Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan kekesalannya dan menyebut kasus yang terjadi pada PT Asuransi Jiwasraya (Persero) merupakan sebuah kebobrokan. Apa saja masalah yang membelit BUMN asuransi ini hingga babak belur?

Sumber kami membeberkan beberapa fakta perihal masalah yang membelit Jiwasraya hingga akhirnya meledak. Pertama manajemen Jiwasraya sebelumnya tidak melakukan pengelolaan investasi dengan prinsip kehati-hatian.

Investasi yang dilakukan manajemen lama terpusat pada saham dan reksadana yang berkualitas rendah. Produk investasi pasar modal yang ditempatkan itu juga terindikasi dilakukan pembentukan harga.


Dari sisi produk, manajemen Jiwasraya yang lama membuat kesalahan dengan mengeluarkan produk yang tidak wajar, seperti JS Saving Plan. Produk itu menawarkan bunga tinggi melebihi kewajaran produk serupa.

Akibat kesalahan-kesalahan tersebut, Jiwasraya kini menanggung utang klaim yang begitu besar. Hingga 17 Februari 2020 total utang klaim Jiwasraya mencapai Rp 16,7 triliun.

Nah dari utang klaim yang menggunung itu sekitar 97%-nya berasal dari produk JS Saving Plan yang mencapai Rp 16,3 triliun terhadap 17.370 pemegang polis. Sisanya utang klaim tradisional korporasi Rp 200 miliar dan utang klaim tradisional ritel Rp 200 miliar.

Utang itu juga membuat keuangan Jiwasraya berantakan. Perusahaan mengalami defisit ekuitas atau modal hingga Rp 29 triliun.

Lalu, selain utang klaim, Jiwasraya juga tercatat memiliki utang polis tradisional mencapai Rp 35 triliun. Perusahaan memiliki aset hingga Rp 22 triliun, tapi aset itu tidak likuid dan berkinerja buruk.

Parahnya lagi, risk based capital (RBC) atau rasio solvabilitas Jiwasraya mencapai -1.307%. Rasio ini untuk mengukur kesehatan finansial perusahaan asuransi. Angka itu jauh melewati batas minimal RBC yang ditetapkan dalam peraturan OJK 120%.

Simak Video "Ada Eks Orang Istana Jadi Direksi Jiwasraya, Ini Faktanya"
[Gambas:Video 20detik]
(das/dna)

Let's block ads! (Why?)



"Yang" - Google Berita
February 27, 2020 at 09:30PM
https://ift.tt/2T8QVId

Sederet Masalah yang Bikin Jiwasraya 'Babak Belur' - detikFinance
"Yang" - Google Berita
https://ift.tt/2pYhsfy
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

1 komentar:

  1. Numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    BalasHapus

Search

Entri yang Diunggulkan

Miami cruise passengers arrested after more than 100 bags of marijuana found in luggage - WPLG Local 10

MIAMI-DADE COUNTY, Fla. – Federal agents say they busted a pair of travelers, who tried to take a cruise out of PortMiami with very illega...

Postingan Populer