Rechercher dans ce blog

Selasa, 25 Februari 2020

Menyoal Solusi Anies Atasi Banjir yang Terus Berulang - detikNews

Jakarta -

Lagi-lagi DKI Jakarta dilanda banjir setelah hujan deras mengguyur. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi sorotan karena bencana banjir terus berulang. Solusi Anies dalam menangani banjir Jakarta pun dipersoalkan.

Sebagaimana diketahui, Jakarta sudah berulang kali dilanda banjir di awal tahun 2020. Tercatat, banjir pernah terjadi pada 1 Januari 2020, 23 Febuari 2020 dan kini 25 Februari 2020. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat 3.565 warga mengungsi akibat banjir 25 Februari 2020. Mereka tersebar di 40 titik lokasi pengungsian.

Anies pun jadi sorotan. Di Twitter, nama Anies dibully. Namun, Anies menyatakan pihaknya sudah bekerja sejak dini hari.

"Jadi sejak dini hari seluruh jajaran Pemprov bekerja di lapangan," kata Anies Baswedan di Pintu Air Manggarai, Jakarta, Selasa (25/2/2020).

Anies memerinci kerja Pemprov DKI Jakarta sejak dini hari itu. Pertama, pemprov melakukan evakuasi. Anies meminta publik mengizinkannya fokus bekerja.

"Penanganannya sedang kami kerjakan, karena itu kalau boleh izinkan kami bekerja sehingga fokusnya pada warga Jakarta," lanjut Anies.

Anies mengatakan fokusnya kali ini memastikan semua warga yang terkena dampak banjir bisa dievakuasi. Kesehatan dan ketersediaan logistik di tempat pengungsian, lanjut Anies, juga menjadi fokus.

"Tempat pengungsian makanannya cukup, kesehatan terjamin sehingga mereka bisa kembali ke rumahnya ketika banjir surut," ujar Anies.

Selain itu, Anies menerangkan bahwa banjir ini karena air lokal, bukan kiriman. "Air yang ada di sini tidak banyak sampah. Artinya air lokal. Jumlahnya cukup besar. Bukan air kiriman," imbuh Anies.

PDIP hingga PAN Pertanyakan Solusi Anies

Lantaran banjir Jakarta terus berulang, Anies juga disorot oleh sejumlah partai di DPRD DKI. Salah satu kritik itu datang dari PDIP. PDIP mengkritik keras kinerja Pemprov DKI Jakarta yang dianggap tak jelas.

"Kerja Pemprov DKI nggak jelas. Banjir 2 hari ini sudah jelas karena buruknya sistem drainase di wilayah DKI, bukan karena banjir kiriman yang melebihi kapasitas tampung sungai di DKI," ujar Ketua DPP PDIP Perjuangan Nusyirwan Soejono kepada wartawan.

Nusyirwan mengatakan, setiap tahun sudah dapat diprediksi kapan musim hujan akan tiba. Menurut Nusyirwan, jika Pemprov DKI bisa menyelesaikan persoalan drainase dengan baik, urusan banjir tentu dapat diatasi.

"Drainase jalan-jalan protokol saja tidak mampu diurus, apalagi di kawasan, di lingkungan lain di bawahnya," tutur Nusyirwan.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Zita Anjani menyebut soal perlunya pendalaman lebih lanjut karena sudah tiga kali banjir besar di Jakarta.

"Kita lihat ada urgensinya kan banjir tiga kali yang parah banget, tahun baru, pertengahan (Januari), sama ini yang parah banget. Ini sesuatu terulang. (Kejadian) pertama ada kiriman dari Katulampa (Bogor), ke dua ke tiga kan hujan lokal," ucap Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Zita Anjani saat dihubungi, Selasa (25/20/2020).

Menurut Zita, Badan Musyawarah (Bamus) sudah memberikan keputusan untuk rekomendasi Pansus Banjir. Disebut Zita, semua fraksi di DPRD sudah sepakat termasuk Fraksi Gerindra.

"Iya dong (ada kesepakatan), kan sudah di-Bamus-kan. Kita semua sepakat isu banjir ini adalah sesuatu yang perlu kita tindak lanjuti," kata politikus PAN itu.

Namun ada pula yang membela Anies. Pembelaan itu datang dari Waketum Gerindra Fadli Zon. Mulanya, elite Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean menyerang Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan gara-gara rumahnya kebanjiran di Twitter. Serangan Hutahaean ditangkis oleh Fadli Zon.

"Bro marilah kita jujur dan cerdas, banjir ini musibah karena siklon tropis, curah hujan besar, bukan salah apalagi karya Anies Baswedan," kata Fadli sembari memention akun Anies Baswedan, Selasa (25/2/2020).

Let's block ads! (Why?)



"Yang" - Google Berita
February 26, 2020 at 05:42AM
https://ift.tt/37YuedG

Menyoal Solusi Anies Atasi Banjir yang Terus Berulang - detikNews
"Yang" - Google Berita
https://ift.tt/2pYhsfy
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

1 komentar:

  1. Numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    BalasHapus

Search

Entri yang Diunggulkan

Miami cruise passengers arrested after more than 100 bags of marijuana found in luggage - WPLG Local 10

MIAMI-DADE COUNTY, Fla. – Federal agents say they busted a pair of travelers, who tried to take a cruise out of PortMiami with very illega...

Postingan Populer