Rechercher dans ce blog

Senin, 03 Februari 2020

DPR Aceh Desak Pemprov Urus Nasib 32 Nelayan yang Ditahan di Thailand - detikNews

Banda Aceh -

Anggota DPR Aceh Iskandar Usman Al-Farlaky meminta Pemerintah Aceh tidak mengabaikan nasib 32 nelayan Aceh yang ditahan di Thailand. Para nelayan ini diduga ditangkap setelah terseret arus ke Negeri Gajah Putih tersebut.

"Ini yang kita sayangkan. Perhatian dari Plt Gubernur terhadap 32 nelayan Aceh yang ditahan di Thailand sangat kurang. Ini berbanding jauh dengan perhatian yang ditunjukan ke mahasiswa Aceh di Wuhan, China," kata Iskandar kepada wartawan, Selasa (4/2/2020).

Menurutnya, para nelayan yang melaut menggunakan dua kapal tersebut ditangkap pada 21 Januari lalu. Kedua kapal KM Perkasa Mahera dan KM Voltus diduga terseret arus hingga hanyut ke perbatasan laut tiga negara, yaitu Indonesia, India dan Thailand.

Otoritas Thailand kemudian menangkap para nelayan asal Aceh Timur ini. Ke-32 nelayan tersebut kini diduga berada di Pangkalan Angkatan Laut Wilayah III Tap Lamuk Provinsi Phangnga, Thailand.

Iskandar menilai, setelah dua minggu mereka ditangkap, advokasi dari Pemerintah Aceh untuk para nelayan masih minim.

"Kita tak sedang membanding-bandingkan. Namun harusnya para nelayan ini juga mendapat fokus yang sama. Mereka juga warga Aceh yang membutuhkan perhatian dari Pemerintah Aceh," jelas Sekretaris Komisi V DPR Aceh ini.

Politisi Partai Aceh ini berharap, Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah juga memberi respon cepat untuk mengadvokasi para nelayan. Perhatian yang ditunjukkan ke para pencari ikan tersebut, jelasnya, seharusnya sama dengan sikap pemerintah ke mahasiswa di Wuhan, China.

"32 nelayan yang ditahan di Thailand ini adalah keluarga miskin. Anak istri mereka menunggu di kampung tanpa kejelasan nasib. Jangan sampai dibawa pulang jenazah seperti kasus beberapa bulan lalu, baru semua sibuk,"ujar Iskandar.

"Kita berharap seluruh ABK yang ditahan segera mendapat pendampingan dari Kemlu. Semoga dengan adanya advokasi yang cepat, mereka yang ditahan ini bisa segera dipulangkan ke Aceh. Karena mereka melintasi batas laut bukan karena sengaja tapi karena hanyut dan terseret arus," imbuhnya.

(agse/fdn)

Let's block ads! (Why?)



"Yang" - Google Berita
February 04, 2020 at 01:35PM
https://ift.tt/2uYMNke

DPR Aceh Desak Pemprov Urus Nasib 32 Nelayan yang Ditahan di Thailand - detikNews
"Yang" - Google Berita
https://ift.tt/2pYhsfy
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Search

Entri yang Diunggulkan

Miami cruise passengers arrested after more than 100 bags of marijuana found in luggage - WPLG Local 10

MIAMI-DADE COUNTY, Fla. – Federal agents say they busted a pair of travelers, who tried to take a cruise out of PortMiami with very illega...

Postingan Populer