Rechercher dans ce blog

Jumat, 31 Januari 2020

WNI yang Dievakuasi dari China akan Jalani Observasi Standar Protokol WHO - detikNews

Jakarta -

Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengatakan warga negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Wuhan, China, akan menjalani proses transit observation setiba di Tanah Air. Transit observation merupakan protokol evakuasi dari organisasi kesehatan dunia, WHO.

"Nanti akan kami lakukan transit observation sesuai protokol WHO," kata Terawan di Terminal Keberangkatan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (1/2/2020).

Terawan memastikan WNI yang dievakuasi adalah yang dinyatakan sehat. Terawan mengatakan para WNI telah melalui proses screening dan clearing sebelum diputuskan dievakuasi.

"Bahwa warga negara kita yang kita bawa pulang adalah warga negara Indonesia yang sehat. Sudah dilakukan screening dan clearing di sana untuk dipastikan di sana bahwa yang kita bawa pulang adalah yang sehat," jelas Terawan.

Terawan menekankan diperlukan kedisiplinan dalam proses transit observation. Proses ini akan dipantau langsung oleh Kementerian Kesehatan.


"Transit observation ini untuk mengobservasi orang yang sehat, bukan yang sakit. Karena itu, protokol yang diberikan harus dijalankan dengan disiplin oleh semua pihak. Kami akan terus memantaunya sebagai Menkes," ucap Terawan.

Untuk diketahui, pemerintah Indonesia akan memulangkan WNI dari Provinsi Hubei, China. Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi mengatakan akan ada 245 WNI yang akan dipulangkan ke Tanah Air.

"Jumlah WNI yang akan kembali adalah 245 plus 5 (orang) tim kita yang sudah ada di lapangan ikut pulang untuk ikut protokol kesehatan. Jadi total yang akan naik dari Wuhan adalah 250," kata Menlu Retno di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Retno mengatakan pesawat penjemput juga membawa sejumlah peralatan yang akan diserahkan kepada otoritas China. Peralatan akan diterima melalui Hubei Charity Foundation.

"Teman-teman di dalam pesawat kita juga membawa peralatan yang diperlukan oleh pihak RRT. Mereka memerlukan beberapa peralatan, antara lain masker dan surgical unit. Jadi peralatan ini akan langsung diterima oleh pemerintah RRT melalui Hubei Charity Foundation," ujar Retno.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dalam kesempatan yang sama, memastikan wilayah Natuna, Kepulauan Riau (Kepri), menjadi tempat transit WNI yang dievakuasi. Mereka akan menjalani observasi kesehatan dengan fasilitas yang sudah disiapkan di Natuna.

"Yang harus kita penuhi, kita memiliki tempat isolasi yang jauh dari penduduk. Dan yang terbaik dan terpilih adalah wilayah Natuna," ujar Hadi.

(aud/fdn)

Let's block ads! (Why?)



"Yang" - Google Berita
February 01, 2020 at 12:45PM
https://ift.tt/31gsueb

WNI yang Dievakuasi dari China akan Jalani Observasi Standar Protokol WHO - detikNews
"Yang" - Google Berita
https://ift.tt/2pYhsfy
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

1 komentar:

  1. Permisi Ya Admin Numpang Promo | www.fanspoker.com | Agen Poker Online Di Indonesia |Player vs Player NO ROBOT!!! |
    Kesempatan Menang Lebih Besar,
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802

    BalasHapus

Search

Entri yang Diunggulkan

Miami cruise passengers arrested after more than 100 bags of marijuana found in luggage - WPLG Local 10

MIAMI-DADE COUNTY, Fla. – Federal agents say they busted a pair of travelers, who tried to take a cruise out of PortMiami with very illega...

Postingan Populer