Rechercher dans ce blog

Rabu, 29 Januari 2020

Guna Fitur Choke yang Kini Hilang di Motor Baru - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Seiring perkembangan zaman ada banyak fitur pada sepeda motor yang mesti pensiun sebab tak lagi dibutuhkan, salah satunya adalah choke. Fitur ini tersedia pada motor tipe karburator dan sudah tidak dibutuhkan pada tipe injeksi.

Choke berfungsi menyalurkan lebih banyak bahan bakar ke karburator agar pembakaran bisa dilakukan lebih cepat. Salah satu kelemahan karburator yaitu suplai bahan bakar dan udara bisa tidak konsisten, sehingga dalam kondisi tertentu bantuan choke diperlukan.


Pada banyak motor choke didesain berupa tuas yang ditempatkan di bagian bawah setang sebelah kiri. Namun selain itu ada juga yang posisinya di dekat karburator.

Pada umumnya choke digunakan saat ingin menyalakan motor karburator pada pagi hari, kondisi dingin, atau ketika mesin sulit dihidupkan. Choke berkaitan dengan kebiasaan pemilik motor karburator yang memanaskan mesin pada pagi hari.

Dept Head of Service Suzuki Indomobil Sales (SIS) divisi roda dua Riecky Patrayudha mengatakan choke menghilang lantaran motor masa kini sudah beralih ke injeksi. Seingat dia motor Suzuki mulai menghapus choke pada medio 2009 silam.

Pada motor injeksi, suplai bahan bakar mengandalkan perlengkapan elektronik seperti sensor yang dikendalikan Engine Control Module (ECM) saat kunci kontak diputar ke posisi on.


Beda seperti karburator yang bisa tidak konsisten urusan suplai bahan bakar, ECM bakal mengatur sesuai kebutuhan dan lebih presisi. Sistem komputer ini yang membuat choke tidak lagi dibutuhkan.

Selain itu sistem komputer juga membuat memanaskan mesin motor tak lagi selama ritual motor karburator.

"Jadi dari sensor yang ada, sudah bisa diketahui berapa volume jumlah bahan bakar yang harus dikirimkan ke ruang bakar melalui kalkulasi yang dilakukan oleh ECM," kata Riecky, Rabu (29/1).

Riecky mengungkap sebelum choke benar-benar dihapus, produsen motor sempat menawarkan choke dengan sistem elektrik.

"Jadi tidak ada tuasnya walaupun masih menggunakan karburator," kata Riecky. (ryh/fea)

Let's block ads! (Why?)



"Yang" - Google Berita
January 29, 2020 at 09:24PM
https://ift.tt/38PH9zE

Guna Fitur Choke yang Kini Hilang di Motor Baru - CNN Indonesia
"Yang" - Google Berita
https://ift.tt/2pYhsfy
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Search

Entri yang Diunggulkan

Miami cruise passengers arrested after more than 100 bags of marijuana found in luggage - WPLG Local 10

MIAMI-DADE COUNTY, Fla. – Federal agents say they busted a pair of travelers, who tried to take a cruise out of PortMiami with very illega...

Postingan Populer